wisata kuliner di Pontianak

Selasa, 29 November 2011

sebelum saya memperkenalkan tentang masakkan khas pontianak, saya akan membahas sedikit tentang sejarah kampung halamanku "Pontianak".
Pontianak merupakan satu-satunya kota di Dunia yang dilintasi garis khatulistiwa karena itu kota ini mendapat julukan "Kota Khatulistiwa", jangan heran kalo pada siang hari cuacanya sangat-sangat panas...(jangan lupa pakai sunblock agar kulit tidak cepat hitam).


Di kota ini didirikan Monumen Tugu Khatulistiwa (Equator Monument) didirikan tahun 1928, terletak di 3 km dari pusat kota Pontianak

Pada tahun 1990, tugu ini direnovasi dengan pembuatan kubah untuk melindungi tugu aslinya serta diatas kubah dibuat duplikat tugu yang besarnya lima kali lipat dari tugu aslinya.





untuk kalian yang ingin jalan-jalan ke tugu khatulistiwa dan ingin membeli souvenir miniatur tugu khatulistiwa buat keluarga atau teman, jangan takut karena di sekitar tugu terdapat toko-toko souvenir yang menjual miniatur tugu khatulistiwa yang dapat kalian beli di situ dengan harga yang bervariasi



nah sekarang saya akan memperkenalkan makanan dan jajanan khas pontianak yang dapat  kalian nikmati jika berada di pontianak.


Kwe cap



mungkin saat anda mendengar atau membaca nama makanan ini didalam benak anda pasti akan muncul kata "Aneh" dan terdengar asing. eiitsss walapun namanya aneh rasa makanan ini bisa di beri 2 jempol karenan rasanya yang enak.
Kwecap merupakan makanan khas yg terdiri dari 2 bagian.. bagian pertama yg berwarna puih adalah sejenis kwetiau, dan yang kedua adalah kulit b*bi..


Kaloci

Kaloci adalah makanan tradisional yang terbuat dari tepung ketan.. di balur dengan tepung kacang yang nikmat...*nyamiiiii :9

Ce Hun Tiau


Ce Hun Tiau juga merupakan makanan tradisional khas pontianak, terbuat dari tepung kanji juga, yg disajikan bersama kuah santan dan gula merah, ditambah kacang merah..ce hun tian juga dapat menghilangakn panas dalam. enak pas makan pada saat panas. ^^


Tau Suan

tau suan juga merupakan salah satu masakan tradisional khas pontianak, Makanan ini biasa dijumpai pada malam hari, biasanya dijajakan di pinggir jalan di sepanjang Jl.Gajah Mada Pontianak. Isinya berupa kacang hijau yang telah dikupas yang dimasak dengan kuah kental manis dan disajikan dengan ca kwe garing, jadi sewaktu dimulut ada perpaduan rasa manis dari kuahnya dan garing dari ca kwe-nya. 

Hekeng
Hekeng ini makanan khas Tionghua, terbuat dari daging udang yang dicampur dengan berbagai macam bumbu.. Rasanya sangat sedap.. Penyajiannya biasanya dengan di kukus / di goreng...kalau menurut saya lebih enak di goreng (>_<)

juhi/sotong bakar
nah yang satu ini harus anda cicip kalau lagi berada dipontianak, 
Kalo makanan ini biasanya mulai jualannya malam, adanya di belakang Jl. Diponegoro, yang jualan berjajar disana, biasanya dijual dalam bentuk bungkusan atau yang ditaruh dalam tempat plastik, rasanya manis pedas. ada uniknya pada saat menjelang bulan puasa biasanya para pedagang menjual sotong dengan bumbu yang berbeda ada bumbu pedas cuka atau sambel asam manis.

Ma khi koi
bagi sebagian orang pasti merasa jijik dengan makanan ini dan jarang terlihat di daerah-daerah lain, tapi bagi masyarakat pontianak makanan ini udah biasa, ini merupakan makanan yang sangat saya suka..kalau saya makan ini mungkin bisa habis 3 piring karena rasanya yang sangat enak.
selain mahki koi ada juga hak koi, hak koi hampir sama dengan mahki koi bedanya hak koi terbuat dari udang ebi 

kwe kia theng
makan ini selalu saya cari ketika saya pulang ke pontianak, Kwe kia theng terdiri atas:
* potongan daging “sapi kaki pendek”. Maaf, tidak halal.
* kwe kia. Semacam kwetiau, tetapi yang ini dipotong persegi panjang.
* daun untuk sup. Entah daun apa itu namanya.
* kuah.
Normalnya, kwe kia theng disertai dengan jerohan B2 dan telur.

Ice cream Petrus
Karena jualannya pas didepan sekolahan Santo Petrus, maka Es krimnya disebut Es krim Petrus, ada beberapa varian es cream di tempat ini mulai dari coklat, vanila, strawberry, durian, cempedak hingga nangka yang semuanya  dibuat secara home made. Penyajian es krimnya tergantung porsi yang dipilih: bisa pakai gelas biasa atau cup, atau disajikan di atas batok kelapa muda. es krim ini berisi campuran yang di dalamnya terdapat kacang merah, cincau hitam yang dipotong kecil-kecil, agar-agar serut dan lelehan cokelat, Es ini terdapat di Jl. Karel Satsuit Tubun, tepat diseberang sekolah Santo Petrus.

waduh,..sambil nulis ini+membayangkan nya saja sudah buat lapar T.T *nyammm
mudah-mudahan Tahun depan bisa ke pontianak lagi ^^..


0 komentar:

Posting Komentar

My Kitchen Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino